Rabu, 19 Maret 2014

Tips Senam Aerobik

Sekarang ini, latihan aerobik telah banyak digemari dan sudah menjadi gaya hidup dengan tujuan untuk menjaga kebugaran tubuh, banyak wanita yang melakukan senam aerobik.

Hampir sanggar senam memberikan kelas Aerobik. Tiap sanggar senam akan memberikan kreasi gerakan sendiri-sendiri yang tetap dalam baku Aerobik.

Senam aerobik tidak hanya mengikuti irama yang beat saja, tetapi harus ada yang diperhatikan selama melakukannya. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan selama melakukan senam aerobik.

Untuk menghindari 'kecelakaan otot' misal kesliring dll, awali dengan pemanasan dan akhiri dengan pendinginan setiap melakukan latihan.

Latihan peregangan diberikan hanya untuk otot tertentu saja dan  tidak untuk beberapa otot sekaligus.
Hindari latihan keseimbangan atau single weight bering karena bisa menimbulkan rasa tak nyaman pada sendi sacroiliac (menghubungkan pangkal tulang belakang ke panggul) dan simpisis pubis.
Denyut nadi harus dimonitor selama latihan dan tidak boleh melebihi 140 kali per menit.
Sebaiknya latihan dengan posisi berbaring, tidak lebih dari 5 menit dan sebaiknya menggunakan alas punggung untuk menghindarkan kompresi vena cava inferior (vena yang membawa darah dari organ tubuh bagian bawah menuju jantung).
Perubahan dari posisi berbaring ke berdiri harus dilakukan secara perlahan-lahan untuk menghindarkan postural hypertensi (penurunan tekanan darah secara mendadak).
Sebaiknya kosongkan kandung kemih selama latihan untuk mengurangi tekanan pada dasar panggul.
Latihan harus dihentikan bila timbul rasa sakit.
Jika timbul rasa sakit pendarahan, sesak napas, denyut nadi yang ireguler, pusing, nyeri punggung dan pubis, takhikardi (berdenyutnya jantung manusia lebih dari 100 kali per menit), dan kesulitan berjalan maka sebaiknya latihan dihentikan.


ALT/TEXT GAMBAR

6 komentar:

manfaat dri senam aerobik sendiri itu apa yah ??? dan apakh hrus mggunkn bju senm khusus biar hsilny max. gtu ? klo ia dmna yah tmpt yg menyediakn baju senam murah ?? mkasih ??

kan sekarang lagi ngetrend senam zumba ya, lebih efektif mana untuk menurunkan berat badan, senam aerobik atau senam zumba? trus untuk baju senamnya, lebih murah mana antara zumba dan aerobik? thx ya min :)

Salam Kenal Sist ....
Infonya sangat menarik...oya klo sekarangkan lg Tren Senam zumba ya...
dan jika di bandingkan Antara Senam aerobik dengan senam Zumba apa kelebihannya senam aero bik ..
dan Untuk Tren baju senam wanita saat ini seperti apa di tempat sis ?
Moga sukses...

Terima kasih...
tipsnya sangat membantu sekali.. makasih ya..
oya untuk sis yang lagi cari baju buat senam silakan mampir ke jual baju senam koleksinya lengkap kok
selamat mencoba

hemmm.....
pake baju senam crystal cocok nih...
makasi tulisannya sist...

salam olahraga sist..
mau tanya nih,, sanggar ini juga jual baju senam crystal gag sist??

Posting Komentar